TUGAS 5
Nama      : Fazri Rahma
Kelas       : 2B Tehnik Sipil
Nim         : 2020D1B058
Matkul    : Pemograman Komputer
 

1). Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
    Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:
MENU FILES
1.     New:  Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2.     Open: Perintah untuk membuka dokumen
3.     Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
4.     Save : Perintah untuk menyimpan data
5.     Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6.     Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
7.     Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
8.     File Search :  Perintah untuk mencari file workbook
9.     Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10.  Web Page Preview :  Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11.  Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
12.  Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13.  Print Preview   : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14.  Print : Perintah untuk mencetak data
15.  Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16.  Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17.  Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

 

MENU EDIT
1.     Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2.     Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3.     Cut : Perintah untuk memotong naskah
4.     Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5.     Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6.     Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7.     Paste Spesial : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut
8.     Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
9.     Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
10.  Clear : Perintah untuk menghapus data
11.  Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data
12.  Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet
13.  Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
14.  Find : Perintah untuk mencari data
15.  Replace : Perintah untuk mengganti data
16.  Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
 
MENU VIEW
1.     Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2.     Page Break Preview :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
3.     Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4.     Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
5.     Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
6.     Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
7.     Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
8.     Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
9.     Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10.  Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11.  Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
 
MENU TOOLS
1.     Spelling :  Perintah untuk memeriksa data
2.     Research : Perintah untuk mencari file
3.     Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan
4.     Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain
5.     Compare and Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook
6.     Protection : Perintah untuk mengamankan data
7.     Online Colaboration : Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
8.     Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus
9.     Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
10.  Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
11.  Makro : Perintah untuk menjalankan program makro
12.  Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
13.  Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret
14.  Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars
15.  Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi
 
MENU DATA
1.     Short : Perintah untuk mengurutksn data
2.     Filter :Perintah untuk memfilter data
3.     Form : Perintah untuk menambah atau mengurangi data
4.     Subtotal : Perintah untuk menghitung sub total
5.     Validation : Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
6.     Table : Perintah untuk membuat table
7.     Text to Columns : Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom
8.     Consolidate : Perintah untuk mengkonsolidasi data
9.     Group and Outline : Perintah untuk menggabungkan data
10.  Pivot Tabel and Pivot Chart Report : Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
11.  Import External Data : Perintah untuk mengimpor data luar
12.  Refresh Data : Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar
 
MENU WINDOW
1.     New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
2.     Arrange : Perintah untuk mengatur jendela
3.     Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
4.     Split : Perintah untuk membagi lembar kerja
5.     Freeze Panes : Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
 
MENU HELP
1.     Microsoft Excel Help: Perintah untuk menampilkan office assistant
2.    Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
3.     Microsoft Excel Online : Perintah untuk online
4.     Contact Us :  Perintah untuk bantuan pada Microsoft
5.     Check for Updates : Perintah untuk mengupdate
6.     Detect and Repair : Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
7.     About Microsoft Office Excel : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel
 
2). Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
1.     MENU FILE DI ACCSESS
Menu File Di Access Terdiri Dari Save, Save Object As, Save Database As, Open, Close Database, Info, Recent, New, Print, Save & Publish, Help, Options Dan Exit, Dari fitur-fitur dalam menu file tersebut berfungsi untuk menyimpan, menyimpan dokumen baru, membuat dokumen PDF Dan Masih Banyak Lainnya.

 

2.     MENU HOME DI ACCSESS
Menu Home di Access Terdiri Dari Group Menu Views, Clipboard, Sort & Filter, Records, Find Dan Text Formating. Dari fitur-fitur dalam menu home tersebut berfungsi untuk mengedit tabel, copy dan Paste, menampilkan data berdasarkan Abjad Dan Angka Dimulai Dari Awal Sampai Akhir Bahkan Sebaliknya, Mengubah Jenis font/Tulisan dan masih Banyak Lainnya.

 

3.     MENU CREATE DI ACCSESS
Menu Create Di Access Terdiri Dari Group Menu Templates, Tables, Queries, Forms, Reports, Marcos & Code. Dari fitur-fitur dalam menu Create tersebut berfungsi untuk menentukan template form, membuat tabel baru, membuat query, membuat form baru, membuat laporan/report dan masih banyak lainnya.

 

4.     MENU EXTERNAL DATA DI ACCSESS
Menu External Data Di Access Terdiri Dari Group Menu Import & Link, Export Dan Collect Data. Dari fitur-fitur dalam menu External Data tersebut berfungsi untuk mengambil file dari Excel ke Access, membuat koneksi data base odbc, menyimpan file dengan format PDF, XML, Excel, mengirim Via Email dan masih banyak lainnya.

 

5.     MENU DATABASE TOOLS DI ACCSESS
Menu Database Tools Di Access Terdiri Dari Group Menu Tools, Macro, Relationships, Analyze, Move Data Dan Add-Ins. Dari fitur-fitur dalam menu Database Tools tersebut berfungsi untuk memperbaiki database, membuat relasi tabel, mengunakan SQL Server, serta membuat akses database, dan masih banyak fungsi lainnya.

 

Komentar